Halo, apa kabar?

Akhirnya Agenda Surabaya aktif lagi setelah seminggu libur Lebaran. Oh ya, tak lupa kami ucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1438 H, mohon maaf lahir dan batin bagi seluruh pembaca Agenda Surabaya yang merayakan.

 

Kembali ke topik awal ya, adakah salah satu pembaca yang saat ini sedang penasaran ingin mencoba strategi promosi melalui sistem endorsement? Entah melalui artis atau selebgram. Jika ya, maka info di bawah ini bisa saja berguna bagi Anda. Jadi, silahkan lanjutkan membaca J

 

Saya dulu juga sangat awam tentang hal ini, namun kini sudah mulai terbiasa. Berikut ini sedikit cerita tentang apa saja yang perlu disiapkan sebelum memutuskan untuk melakukan promosi melalui endorsement atau gampangnya disebut endorse.

 

  • Memiliki daftar artis, selebgram atau management selebgram terpercaya

Bingung harus memulai darimana? Langsung saja coba buka mesin pencari (Google) lalu cari daftar artis, selebgram atau management selebgram yang menangani masalah endorsement. Setelah ketemu, Anda dapat mulai mencoba melihat-lihat Instagram mereka, mencari informasi lebih detail terutama tentang track record mereka (baca-baca komentar, testimonial, dll). Usahakan untuk mencari informasi dari pihak ketiga (customer yang pernah memakai jasa mereka atau review dari pihak yang netral misal artikel berita – bukan iklan) agar hasilnya lebih akurat.

 

  • Menyiapkan dana

Setelah ketemu yang klik di hati berdasarkan penelusuran track record, kini saatnya mencari informasi tentang dana alias budget, hehe. Tentu saja, mayoritas (walaupun ada beberapa pengecualian) artis atau selebgram mematok tarif untuk jasa endorsement. Tarif yang dipatok pun bervariasi, biasanya tergantung dari banyaknya followers yang dimiliki. Semakin banyak followers maka biayanya akan semakin tinggi. Mulai ratusan ribu sampai puluhan juta rupiah.

 

  • Baca dan pahami syarat dan ketentuan dengan seksama

Setelah memutuskan artis atau selebgram mana yang akan dipakai. Langsung hubungi kontak managemen yang biasanya tertulis di Bio Instagram. Managemen selanjutnya akan memberikan informasi detail tentang syarat ketentuan yang harus dipenuhi. Baca dan pahami syarat ketentuan tersebut dengan seksama. Produk-produk apa saja yang diterima, berapa lama postingan disimpan di Instagram, boleh atau tidak request pose/ caption/ hashtag/ jam posting, cara pembayaran dan lainnya. Tidak perlu sungkan untuk bertanya apabila memang dirasa agak membingungkan.

 

  • Menyiapkan materi

Siapkan materi dengan baik, jangan asal. Jika memilih sistem endorsement, pilihlah produk yang menurut Anda paling baik untuk dikirimkan kepada artis atau selebgram, agar hasil foto yang didapatkan memuaskan tentunya. Selain itu jangan lupa pertimbangankan tentang ketersediaan stok. Biasanya customer tertarik dengan produk sesuai dengan yang diiklankan, jadi pilihlah produk dengan stok yang cukup banyak agar tidak banyak yang kecewa karena stok produk kosong saat dipesan. Hal ini berlaku pula bagi Anda yang memilih sistem paid post. Plus jangan lupa untuk memilih foto dengan kualitas terbaik untuk diiklankan nantinya.

 

Semoga bermanfaat!