Berbicara tentang strategi marketing memang tidak akan pernah ada habisnya. Dan bagi Anda yang sering bermain-main di Instagram, tentunya sudah tidak asing dengan strategi marketing satu ini. Apalagi kalau bukan sistem endorsement atau biasa disebut endorse saja. Banyak brand-brand ternama atau online shop yang menggunakan sistem ini entah melalui endorse artis ataupun endorse selebgram.

 

Endorse artis merupakan cara yang cukup efektif untuk meningkatkan omset. Hal ini saya ketahui saat masih sering mengikuti aktivitas salah satu managemen yang menangani seputar endorse artis. Walaupun hasil yang didapatkan setiap online shop berbeda-beda, namun sebagian besar (yang saya lihat dari berbagai testimonial) online shop memperoleh omset yang berkali-kali lipat dari biasanya. Tentunya hal ini sebanding dengan biaya endorse artis yang tak bisa dibilang murah, berkisar mulai ratusan ribu hingga lebih dari sepuluh juta rupiah.

 

Namun, tak dapat dipungkiri, biaya yang besar berhasil memukul mundar banyak online shop. Apalagi bagi online shop dengan omset yang masih minim atau online shop yang baru buka dan belum banyak orderan. Celah ini menjadi peluang bagi para Selebgram (istilah untuk menyebut non publik figur yang populer di Instagram) untuk mencari rezeki. Akun para selebgram bisa dibilang tak kalah populer dibanding milik seorang artis, dengan jumlah follower puluhan sampai ratusan ribu. Endorse selebgram pun biasanya lebih gampang karena tak jarang selebgram yang tidak mematok biaya alias gratis, namun ada juga yang mematok tarif yang tentunya lebih murah dibanding endorse artis.

 

Patut diketahui, baik endorse artis maupun endorse selebgram tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Lebih jelasnya silahkan menyimak pembahasannya di bawah ini:

 

  • Endorse Artis

Kelebihan endorse artis:

Managemen profesional, endorse produk sudah pasti dilakukan

Meningkatkan kredibilitas (artis saja pakai, masa kamu enggak?)

Followers banyak (jutaan – puluhan juta)

Hasil biasanya lebih cepat terlihat

 

Kekurangan endorse artis:

Biaya mahal (ratusan ribu hingga puluhan juta rupiah)

Biaya tambahan untuk request caption, pose dll

Waktu tunggu posting lama (mingguan – bulanan)

Lama postingan tayang bervariasi (harian – bulanan, jarang yang disimpan selamanya)

 

  • Endorse Selebgram

Kelebihan endorse selebgram:

Biaya murah, bahkan gratis (cukup kirim produk saja)

Waktu tunggu posting singkat (biasanya cuma beberapa hari)

Lebih mudah untuk request caption, pose, hashtag dll

Banyak Selebgram yang menyimpan foto endorse selamanya di Instagram

 

Kekurangan endorse selebgram:

Tidak semua memakai managemen, rawan penipuan (pengalaman sudah kirim produk ternyata tidak diposting malah diblock)

Followers Instagram umumnya tidak sebanyak artis

Rawan followers non asli (followers non aktif / followers hasil beli)

 

Nah, dapat dilihat kan perbedaan endorse artis dengan endorse selebgram. Poin utama dari endorse artis terletak pada keprofesionalan managemen sehingga kita tidak perlu was-was saat mengeluarkan budget yang cukup tinggi. Sementara itu, bagi siapa saja yang berfokus pada penghematan budget iklan dapat mencoba endorse selebgram. Namun, kelebihan dan kekurangan di atas tidak bersifat pasti ya. Semua kembali ke pihak artis atau selebgram masing-masing.

Jadi pilih yang mana? Endorse artis atau endorse selebgram?